Kesehatan

Trigliserida adalah jenis lemak darah yang sebenarnya memiliki peran yang cukup penting bagi metabolisme tubuh karena lemak satu ini digunakan untuk memberikan energi kepada tubuh. Akan tetapi, jika kadarnya cukup tinggi didalam tubuh maka hal itu sangat berbahaya karena bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga stroke. Oleh karena itu, perlu anda ketahui bahwa menjaga kadar lemak satu ini agar tetap stabil adalah cara paling ampuh untuk anda agar tidak terkena penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah seperti jantung ataupun stroke. Kadar lemak ini dikatakan sehat jika berada dibawah 150 mg/ dL. Adapun jika berada diantara 150-199 mg/ dL maka anda wajib berhati-hati. Apalagi jika berada diatas 200 maka anda dinyatakan tidak sehat.

Hindari minuman dan makanan manis untuk menurunkan trigliserida

Perlu anda ketahui bahwa kadar lemak trigliserida sangatlah berbahaya sehingga perlu niatan yang bagus bagi kita untuk mengubah pola makan. Hal itu disebabkan karena pola makan juga sangat berpengaruh apakah lemak ini tinggi atau tidak. Mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi sangat beresiko membuat kadar lemak ini semakin tinggi karena didalamnya mengandung gula. Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari atau menurunkan kadar minuman manis yang mengandung gula seperti es teh, jus buah, soda, dan lain sebagainya. Minuman tersebut   akan membuat tubuh anda dibanjiri gula. Selain itu, makanan yang mengandung tepung seperti kentang, pasta, nasi juga bisa membuat kadar lemak ini tinggi disebabkan karena makanan tersebut saat dicerna akan berubah menjadi gula.

Hindari mengandung kelapa dan lemak jenuh

Selain itu, anda juga wajib memperhatikan makanan anda apakah mengandung kelapa dan lemak jenuh atau tidak. Memang kelapa memiliki manfaat yang cukup bagus bagi tubuh manusia. Akan tetapi didalam kelapa terdapat kandungan lemak jenuh yang bisa membuat kadar trigliserida semakin tinggi. Oleh karena itu, kita wajib mengontrol untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung santan ataupun bahan kelapa lain untuk mengontrol lemak satu ini. Beberapa bahan yang mengandung lemak jenuh adalah produk susu berlemak tinggi, butter, daging merah, dan lain sebagainya. Makanan-makanan tersebut perlu anda perhatikan agar tidak terlalu tinggi untuk dikonsumsi. Ada baiknya jika kita mengurangi makanan jenis ini untuk membuat level kolesterol didalam tubuh kita semakin terjaga sehingga tubuh akan semakin sehat dan nyaman untuk beraktivitas.

Kurangi mengkonsumsi makanan yang dipanggang

Cara terakhir untuk mengurangi kadar Trigliserida adalah menghindari atau mengurangi konsumsi makanan yang dipanggang. Kadar lemak satu ini menjadi lebih tinggi disebabkan karena asupan makanan yang dipanggang seperti roti dan sejenisnya. Hal itu disebabkan karena makanan tersebut mengandung lemak jenuh yang juga sangat tinggi sehingga membuat kadar lemak ini semakin tinggi didalam tubuh.