Kesehatan

“dilansir dari laman doktersehat.com” bahwasanya ada beberapa penyebab halitosis atau bau mulut sehingga hal itu bisa terjadi pada sipenderita. Dan sedikit dari kita untuk menyadari bahwasanya hal itu menjadi penyebab terbesar sehingga mulut kita bau, berikut diantaranya :

  1. Alkohol atau tembakau

Keduanya menyebabkan mulut menjadi kering sehingga akan menyebabkan mulut menjadi bau akibat kurangnya air lendir pada mulut tersebut. Selain itu zat dan nikotin dapat menumpuk didalam mulut dan begitupun pada alkohol ketika kita mengkonsumsinya maka akan bermasalah besar pada pencernaan dan berpengaruh terhadap bau mulut atau halitosis.

  1. Mulut kering

Tahukan dirimu bahwasanya mulut kering juga menjadi salah satu penyebab halitosis itu terjadi. Alasan mengapa kita harus menjaga mulut agar tetap selalu lembab. Karena, air liur berperan penting untuk membersihkan mulut dalam membunuh bakteri yang berkeliaran didalam area mulut, maka dari itu kelembapan mulut yang meliputi air liur perlu kita jaga supaya dapat mencegah terjadinya bau pada mulut.

  1. Makanan

Bawang putih dan bawang merah sudah menjadi bumbu khas hampir disetiap makanan, sehingga ketika selama proses pencernaan diserap kedalam aliran darah, lalu mengalir ke paru-paru dan dihembuskan lewat hidung. Sehingga aroma dari bawang tadi cukup bisa tercium dan bertahan selama 72 jam. Inilah mengapa halitosis itu bisa terjadi.

  1. Tenggorokan dan hidung

Selain pada perut bau mulut juga bisa terjadi karena faktor dari hidung, kotoran yang tersangkut dalam hidung dapat menimbulkan halitosis itu terjadi. Tidak hanya itu, beberapa infeksi tenggorokan juga dapat memicu terjadinya bau mulut, seperti infeksi sinus yang menyebabkan kelarnya sebuah cairan dari sinus melewati bagian belakang tenggorokan hingga mulai timbullah bau busuk.

  1. Kebersihan mulut yang kurang diperhatikan

Sadarkah kita ketika sehabis mengunyah makanan ataupun cemilan sedikit banyaknya akan menyisakan kotorab pada setiap sudut didalam mulut kita, akan tetapi pertanyaannya, akankah kita membersihkan langsung sehabis menguyah makanan tersebut. Inilah salah satu penyebab halitosis terjadi terus menerus pada kita, karena kitanya saja yang kurang sadar bahwa kebersihan mulut itu sangat berpengaruh apalagi jika kita manusia yang suka bersosial tentunya sangat memperhatikan dari setiap ujung rambut sampai ujung kaki, agar silawan bicara bisa betah berlama-lama dengan kita.

Dari beberapa penyebab diatas kita dapat waspadai kedepannya untuk lebih menjaga kebersihan terhadap mulut, selain untuk mecegah agar bau mulut itu tidak terjadi juga membuat tubuh kita semakin lebih sehat, karena faktor penyakit semuanya ada pada perut dari semua makanan yang sudah diproduksi melalui mulut. Disitulah mulut memiliki peran pertama untuk menentukan seberapa sehat makanan yang kita konsumsi. Maka diperlukan ketelitian dari kita masing-masing untuk tetap selalu menjaga agar halitosis itu tidak mudah dialami. Terutama jika ada salah satu gigi kita yang berlubang dan menerima makanan sehingga menempel dalam waktu yang cukup lama karena kita yang malas untuk membersihkannya disitulah rasa tidak nyaman dan bau mulut semakin meningkat. Selain itu terdapat juga pada gigi palsu yang kerap digunakan oleh sebagian orang ketika giginya sudah tidak bisa tumbuh. Apabila gigi palsu tersebut dibiarkan dan tidak dilakukan perawatan dengan baik maka sisa makanan dan bakteri akan menumpuk dipermukaan, hal ini juga dapat berpengaruh besar pada bau mulut yang menyengat. Jadi sangat penting sekali ketika kita sudah mengetahu penyebab halitosis itu terjadi maka kita harus lakukan pencegahan dari sekarang agar bau mulut itu tidak dialami oleh kita dan mengganggu aktifitas sehari-hari, diantaranya membuat kita kurang percaya diri atau lainnya.[1]

Sumber : Hellosehat.com

[1] Sumber referensi Klikdokter.com